DIA PASTI DATANG KEMBALI!

Jika kita merenungkan kisah hidup TUHAN YESUS selama di dunia ini, sungguh sangat luar biasa dan berdampak besar dalam kehidupan kita unat-Nya. Diawali dengan kelahiran-Nya yang merupakan penyataan kasih ALLAH yang besar bagi dunia, korban penebusan-Nya diatas kayu salib menebus dosa dan menyelamatkan kita, kebangkitan-Nya dari antata orang mati merupakan kemenangan atas maut yang menjadikan iman kita bukanlah sebuah kesia-siaan. Selain itu, kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga yang kita peringati pada bulan ini juga memiliki makna yang dahsyat bagi keimanan kita.

Hari ini kita akan merenungkan paling tidak 3 (tiga) hal penting terkait dengan kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga bagi murid-murid-Nya:

1.                  Pengajaran Kristus adalah Kebenaran.

Selama bersama-sama dengan murid-murid, TUHAN YESUS banyak berbicara dan mengajar tentang Sorga dan Kerajaan Sorga (contohnya dalam Matius 4:17 serta Matius 5 ) Sesuatu yang mungkin kurang dapat dipahami oleh murid-murid-Nya pada waktu itu. Apa dan dimana Kerajaan Sorga, bagaimana mungkin Yesus anak tukang kayu dan berasal dari Nazareth bisa berbicara tentang Kerajaan Sorga. Bahkan, sampai sesaat sebelum TUHAN YESUS terangkat ke Sorga, mereka masih berpikir tentang Kerajaan di bumi pada masa itu yang membuat mereka mengalami pembebasan dari penjajahan Romawi (Kisah 1:6). Sampai saat dimana dengan mata kepala sendiri mereka menyaksikan bagaimana YESUS terangkat ke Sorga, saat itu mereka seakan tersadar dengan semua yang diajarkan TUHAN YESUS mengenai Kerajaan Sorga, sebab dengan disaksikan mereka, TUHAN YESUS kembali ke Sorga.

2.                  Sorga Itu Nyata

Dalam sebuah kesempatan, TUHAN YESUS mengajar murid-murid tentang Rumah Bapa.

Yohanes 14:1-2 : "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu."

Sebelumnya pasti mereka tidak memahami apa yang dimaksudkan oleh TUHAN YESUS tentang Rumah Bapa, tempat tinggal yang TUHAN YESUS siapkan bagi murid-murid-Nya.

Terangkatnya TUHAN YESUS ke Sorga menjadi sebuah pembuktian bahwa Sorga itu nyata.

Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu. (Kis 3:21)

Sorga itu nyata, artinya satu kali sesuai dengan yang dijanjikan TUHAN YESUS, kita akan selama-lamanya tinggal bersama-sama dengan DIA dalam kekekalan.

3.                  Pengharapan akan Kedatangan-Nya yang kedua kali

Karena TUHAN YESUS naik ke Sorga, maka janji Kedatangan-Nya yang kedua kali itu ada. Sesuai dengan apa yang dinyatakan dalam Alkitab :

"Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada." (Yohanes 14:3)

"Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." (Kis 1:9-11)

"Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: "Ya, Aku datang segera!" Amin, datanglah, Tuhan Yesus!" (Wahyu 22:20)

Mari kita menantikan kedatangan-Nya dengan terus berjaga-jaga, hidup sesuai dengan Firman Tuhan, hidup kudus dan tetap dalam kondisi yang penuh dengan Roh Kudus, karena DIA PASTI DATANG KEMBALI! Maranatha.