“TAWARAN KEMEGAHAN DUNIA & BUJUKAN UNTUK MENYEMBAH IBLIS!”

Ayat bacaan: Matius 4:8-10; Lukas 4:5-8

Iblis menawarkan kemegahan dunia sebagai salah satu jurus untuk menjatuhkan manusia. Dan terbukti menjadi jurus yang paling efektif. Siapa yang tidak suka dengan kekuasaan, popularitas, kekayaan materi, dan kekuasaan?

Tawaran ini menggoda banyak orang percaya bahkan para hamba Tuhan. TUHAN YESUS pun pernah ditawari hal yang sama, dan semua itu akan diberikan jika Ia menyembah iblis (Mat.4:8-9). Iblis bisa memberikan itu semua, sebab dunia beserta segala kemegahannya sudah dikuasai oleh Iblis (Mat.4:8). Dan iblis bisa memberikannya kepada siapa saja yang menyembah kepadanya (Mat.4:9).

 Bagaimana kita dapat mengantisipasi hal ini (Matius 4:10) ?

 1.            Menyembah hanya kepada TUHAN

Menyembah Tuhan adalah menempatkan TUHAN sebagai prioritas yang utama dan pertama dalam hidup kita. Penyembahan hanya layak diberikan kepada TUHAN. Dan dari sejak awal, TUHAN sudah menekankan kepada bangsa Israel : “Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu,...” (Keluaran 20:3-5)

Jika ada sesuatu, apakah itu pekerjaan, orang yang dikasihi, kekayaan, hobby yang kita prioritaskan lebih dari TUHAN, tanpa disadari kita sedang jatuh dalam jebakan iblis.

Kita tidak mungkin menyembah TUHAN tanpa mengasihi TUHAN. Itu sebabnya terus pelihara dan tingkatkan kasih yang mula-mula, terus on fire dengan TUHAN.

2.            Berbakti hanya kepada TUHAN

Berbakti kepada TUHAN berarti beribadah kepada-NYA, mengabdikan hidup kita sepenuhnya kepada TUHAN. Artinya apapun yang kita lakukan dalam hidup ini tujuannya hanya satu : MENYENANGKAN HATI TUHAN!

TUHAN YESUS pernah menyampaikan : "Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon." (Matius 6:24). Artinya, kita tidak mungkin berkata: “aku berbakti kepada TUHAN” sementara keseharian kita terlalu sibuk mengurusi usaha, pekerjaan atau harta kita sampai-sampai tidak menjadikan TUHAN yang terutama dan pertama dalam hidup kita.

Action:

Waspada terhadap jebakan iblis melalui kemegahan dunia (kekayaan, kekuasaan, popularitas, dll), Ajak seluruh anggota COOL untuk saling menjaga dan berkomitmen untuk menyembah dan berbakti hanya kepada TUHAN YESUS.